K2 Mail Event Error The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String

Bagi pengguna K2 Workflow mungkin sudah tidak asing lagi dengan error "The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String" yang terjad pada saat terjadi kegagalan mengirim notifikasi ke partisipan menggunakan mail event dari K2 Workflow.

Penyebab munculnya error tersebut di Workspace - Workflow Server - Error Profile adalah alamat email yang digunakan berisi string kosong.

K2 Mail Event Error The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String


Di K2 Workflow cara pengechekannya adalah sebagai berikut :

  1. Jika pengiriman email mengacu ke alamat email maka pastikan Stored Procedure yang menghasilkan alamat email tidak kosong.
  2. Cek preceeding rule pada destination user dan pastikan untuk setiap partisipan memiliki email agar tiap slot yang akan dibuat tidak error.
  3. Jika menggunakan AD Account maka pastikan data email di kolom properties tabel [Identity].[Identity] pada tag email berisi alamat email.
  4. Cek juga di bagian Data Instance Workflow tersebut destinasi yang sudah di-assign pada saat instance workflow dibuat.
    Maksudnya adalah jika kita melakukan retry error log maka proses retry akan menggunakan data terakhir yang disimpan di workflow-nya. Sehingga jika terjadi perubahan data misal awalnya email salah ketik maka retry akan tetap menggunakan email yang salah ketik tersebut sehingga proses retry akan tetap gagal. Jadi yang perlu kita lakukan adalah go to activity pada instan tersebut agar data email diload ulang dengan data yang sudah diperbaiki.

    Hal ini agar pada saat retry workflow kita dapat menyamakan Identity mana yang perlu diaktifkan (resolved = 1) dan yang punya AD Account sama dengan instan workflow yang error tersebut.

Contoh isi dari kolom properties di Identity

Tampilan properties kosong (ERROR) :

K2 Mail Event Error The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String


Sedangkan tampilan lengkap (SUCCESS) :

K2 Mail Event Error The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String



Semoga posting tentang "K2 Mail Event Error The Parameter 'address' Cannot Be an Empty String" diatas dapat bermanfaat.



Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console