Run Program As another User with UAC disabled

User Access Control berfungsi untuk mencegah unwanted change pada Windows 7 termasuk dari serangan malware dan spyware karena setiap perubahan akan diminta konfirmasi.

Saat menggunakan level akses administrator, perubahan cukup dengan menekan tombol yes atau no. Namun jika ada pada level user biasa, akan meminta konfirmasi  login sebagai administrator.

Terkadang orang tidak terlalu menyukai dengan seringnya muncul pop up konfirmasi perubaha, jadi sering kita set UAC menjadi no notification atau istilahnya disable UAC. Pada level user biasa, UAC yang disable tidak akan memunculkan lagi  pop up namun langsung allow atau block change sesuai dengan apa yang sudah kita set.

Run Program As another User with UAC disabled


Masalah akan muncul ketika pada UAC disabled, kita hendak menginstal sesuatu terutama driver, karena UAC tidak muncul dan langsung melakukan blocking, walaupun kita  sudah menggunakan run as administrator. Kita perlu switch user ke administrator untuk bisa melaukan instalasi.

Run Program As another User with UAC disabled

Kedengarannya ringan tinggal switch user, namun akan menjadi sangat kompleks saat berada pada perusahaan skala besar yang sudah menggunakan layered security. Mulai dari Network sampai Sysadmin yang memiliki administrator sendiri. Apalagi jika posisi user berada di luar jangkauan dan kita harus melakukan remote.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan run as program via cmd. Dengan cara itu program akan kita run sebagai user yang berbeda, dengan level akses administrator. Jadi tidak perlu melakukan swith user.

Sedikit tricky untuk ekosistem windows yang menggunakan single user, kedengarannya akan mudah jika windows bisa multi user seperti di Linux ya.

Langsung saja kita bahas caranya seperti berikut ini :

Switch user accounts from the Command Prompt
  1. Buka Command Prompt
  2. Arahkan ke file yang akan dibuka / diinstal ( dengan perintah CD )
  3. Ketik perintah berikut tanpa quote " runas /user:*computer_name*\*username* *program.exe*  "
  4. Masukan password jika user ada password
Run Program As another User with UAC disabled
Run as Program With Another Account


Salam,


Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console