Audits Or Change Data Capture In SQL Server

Dalam membangun suatu sistem informasi, seringkali analis melupakan kebutuhan data untuk proses auditing.

Atau kadangkala ada perubahan data yang baik sengaja atau tidak disengaja dilakukan oleh user yang menyebabkan data menjadi tidak valid sehingga seringkali timbul perselisihan.

Dari masalah-masalah yang timbul diatas maka sebagai orang yang berkecimpung dibidang sistem informasi kita harus menyiapkan mekanisme untuk mengatasi hal tersebut diatas.


Audits Or Change Data Capture In SQL Server


Sejujurnya tidak tepat jika kita membandingkan antara Audits dan CDC di SQL Server karena memang Audits dan CDC merupakan dua mekanisme yang peruntukannya berbeda,

Saya coba berikan pandangan singkat mengenai Audits dan CDC untuk memutuskan metode apa yang akan digunakan. Karena bisa jadi kita akan membutuhkan kedua metode tersebut.

Pada Audits, proses  log hanya sebatas mencatat transaksi apa saja yang terjadi pada database seperti insert, select, update, delete maupun pengaksesan database. Di dalam log tersebut tidak terdapat value dari transaksi yang diproses sehingga kita tidak akan mendapatkan nilai sebelum dan sesudah proses transaksi terjadi.

Sedangkan pada CDC, tidak termasuk select maka setiap transaksi insert, update, delete yang dilakukan pada tabel didalam database akan disimpan ke dalam tabel CDC yang didalamnya berisi nilai yang telah dihapus, nilai sebelum dan sesudah di-edit, dan nilai yang di-insert.

Di postingan selanjut akan saya coba bahas cara pembuatan Audits dan CDC agar kita dapat melihat langsung apa saja yang tersimpan pada dua metode diatas.

Demikian penjelasan singkat mengenai Audits dan CDC di SQL Server dan semoga penjelasan singkat diatas dapat bermanfaat.



Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Pentaho Spoon Error : "Could Not Create The Java Virtual Machine"