K2 Custom CSS Smartform Layout Tutorial

K2 merupakan platform yang digunakan untuk membangun aplikasi dan workflow yang sudah mulai banyak digunakan. Platform K2 memungkinkan user yang tidak memahami bahasa pemrograman untuk dapat membuat aplikasi sederhana.

Namun sayangnya dibutuhkan pengetahuan tentang HTML dan CSS yang mendalam agar dapat melakukan kustomisasi tampilan smartform di K2.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah memberikan custom CSS diluar template standar yang sudah disediakan oleh K2.

Pada posting tentang K2 Custom CSS Smartform Layout Tutorial kali ini akan diberikan panduan singkat cara untuk menambahkan kustom CSS agar tampilan smartform yang kita buat bisa lebih menarik.

Salah satu cara untuk meng-injeksi CSS adalah menambahkan link external css sebagai  acuan untuk objek yang telah kita buat didalam smartform.

Dibawah ini terdapat gambar cara untuk menambahkan external CSS ke dalam smartform tersebut.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah sebuah control label yang diset sebagai literal. Fungsi literal ini dibutuhkan agar text dari label yang kita tambahkan dirender sebagai bagian dari HTML, seperti gambar dibawah ini :

K2 Custom CSS Smartform Layout Tutorial
Figure 1 K2 Layout Custom CSS Tutorial

Setelah label kita siapkan dan telah diset sebagai literal kemudian isilah text dari label tersebut dengan link referensi external css, contohnya sbb :

<link href="http://server/Styles/K2.css" rel="stylesheet" type="text/css" />

Dengan cara diatas maka pada saat smatform diload oleh browser, maka link referensi external CSS tersebut juga akan diload oleh browser, sehingga kita tinggal menambahkan class, tag, maupun ID didalam external CSS tersebut.

Recommended Reading:
Custom Menu in K2 Smatform

Semoga posting tentang K2 Custom CSS Smartform Layout Tutorial diatas dapat bermanfaat.



Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console