Sharepoint AAM Setting on Port 80

Contoh kasus :

Ada sebuah server dengan nama "server-dev" dengan IIS yang telah terdapat aplikasi intranet didalamnya dan aplikasi tersebut menggunakan Default Website yang menggunakan port 80 dengan banyak virtual directory didalamnya. Kemudian anda menginstal Sharepoint di server tersebut dan membuat website dengan nama Sharepoint - 100 dan menggunakan port 100. Jadi pada saat anda ingin mengunjungi situs Sharepoint anda maka anda akan mengetikkan alamat URL "http://server-dev:100/".

Bagi banyak user ini tidak akan terasa nyaman karena harus menyertakan port di alamat urlnya, tentunya akan lebih mudah diingat jika diberikan alamat URL "http://portal/".

Kata kunci untuk perubahan tersebut adalah "Host Header" di IIS dan Alternate Access Mapping disingkat AAM di Sharepoint.

Berikut ini langkah untuk mengubah alamat URL "http://server-dev:100/" menjadi URL "http://portal/".


  1. Pada Sharepoint Central Administration > Manage Web Application > Allternate Access Mapping Setting.
  2. Pada pilihan Allternate Access Mapping Collection pilihlah nama website yang akan di mapping, dalam kasus ini adalah Sharepoint - 100.
  3. Klik Edit Public URLs dan isikan pada kolom Intranet dengan nama "http://portal/" sehingga hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


    Sharepoint AAM Setting on Port 80
  4. Bukalah IIS dan pilih website yang akan kita ubah Host Header dan portnya.
  5. Klik edit binding dan isikan Host Header dengan nama "portal" dan port "80" sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Sharepoint AAM Setting on Port 80

6. Klik Close.
7. Restart websitenya.

Setelah setting selesai anda akan dapat mengakses alamat situs anda dengan mengetikkan alamat URL "http://portal/" tanpa diikuti port.

Semoga postingan Sharepoint AAM Setting on Port 80 diatas dapat bermanfaat.



Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console