SEO Components

Bagi para blogger, situs mereka dapat muncul dihalaman pertama saat pencarian oleh mesin pencari merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Selain dapat meningkatkan lalu-lintas pengunjung ke situs mereka, hal ini juga sebagai salah satu parameter tentang kualitas isi dari situs mereka.

Bagi para webmaster hal ini merupakan salah satu hal penting untuk dapat memuaskan pelanggan mereka dengan menempatkan situs pada peringkat yang tinggi. Seperti kita tahu tahu, search engine seperti Google memiliki algoritma yang sangat rumit untuk menentukan peringkat suatu situs di databasenya.

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (Sumber : Wikipedia)

Silahkan kunjungi situs Wikipedia untuk membaca sejarah SEo serta tokoh-tokoh SEO terkemuka.
Sekedar info, Google juga menyediakan tool yang digunakan untuk mengoptimasi situs kita yang bernama Webmaster Tools, syaratnya kita harus memiliki akun Google.

Kembali ke komponen SEO, berikut ini adalah 3 kompopnen yang berperan untuk meningkatkan peringkat situs kita.

1. SEO Friendly HTML

Html dari situs sangat penting untuk mesin pencari. Mengedit HTML adalah yang paling 'mudah' dari tiga komponen. Fokus utama pada HTML adalah untuk memastikan bahwa itu adalah SEO-friendly. Search engine akan lebih mudah menemukan situs kita jika memilki tag HTMl daripada kumpulan scipt ataupun objek-objek flash. Berikan judul dalam format HTML daripada format grafis serta usahakan agar waktu loading situds kita tidak terlalu lama. Selain itu deskripsi meta tag dalam situs kita juga menentukan peran untuk menentukan SEO.

2. Konten untuk Mesin Pencari dan Pengunjung

Setelah memperbaiki tag HTML, langkah berikutnya adalah untuk memastikan situs memiliki cukup informasi / isi. Anda harus mencatat penekanan pada 'cukup' dan 'berguna'. Jika sebuah situs web memiliki tiga halaman dengan beberapa paragraf namun terdapat iklan ratusan produk atau layanan berbeda bagaimana mesin pencari memahami tentang isi situs.

3. Link Building

Link Building mungkin yang paling penting dan mengabaikan strategi SEO. Hal ini juga yang paling sulit dan dihindari karena kesulitan untuk dicapai. Kita mungkin dapat melakukan poin pertama dan kedua dengan mudah. Namun untuk menempatkan link situs kita di situs lain tergolong cukup sulit. Cara ketiga ini biasa disebut Backlink, Backlink merupakan link yang diarahkan kepada website atau suatu situs. Sebagai contoh: Jika Saya menulis sebuah postingan dan webmaster atau blogger lain merasa postingan itu berguna, mereka akan memberikan link kepada postingan di situs tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan Backlink :

1. Guna meningkatkan page rank Google usahakan untuk mendapatkan Backlink dari situs dengan PR tinggi.
2. Submit artikel ke berbagai direktori untuk mendapatkan Backlink. Article Submission adalah cara efektif untuk mendapatkan Backlink.
3. Secara reguler memberikan komentar pada situs orang lain dapat membantu untuk meningkatkan Backlink.
4. Submit URL situs pada direktori-direktori gratis untuk mendapatkan Backlink.
5. Social Networking dan Social Bookmarking dapat memberikan sejumlah besar Backlink berkualitas.

Meneruskan poin pertama pada komponen SEO, hal yang menarik adalah tantang meta tag. Meta tag tidak menjamin dapat meningkatkan peringkat di search engine crawler-based.

Meta tag adalah informasi dimasukkan ke dalam kepala area halaman web. Selain tag judul, informasi di daerah kepala halaman web tidak terlihat oleh orang-orang melihat halaman situs dalam browser. Sebaliknya, meta informasi di daerah ini digunakan untuk mengkomunikasikan informasi yang digunakan oleh permbah mesin pencari namun meta tag ini tidak terlalu berpengaruh pengunjung situs. Meta tag, berguna untuk menterjemahkan karakter dari situs.

Bagi para blogger pemula seperti penulis, kita dapat memanfaatkan Webmaster Tools milik google untuk mendapatkan meta tag yang dapat kita pasang di bagian header situs.

Recommended Reading: 
SEO Summary Tips

Semoga postingan SEO Components ini bermanfaat.



Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console