Web Service, SharePoint, Web Service, CMS Tips, ASP.NET, Web Service Tutorial, SharePoint Tutorial, Web Service Tutorial, Affiliate Tutorial, CMS Tutorial, ASP.NET Tutorial

DARI MASA KE MASA

Saturday, January 23, 2010

Pertumbuhan Kendaraan di Indonesia


Posting kali ini berdasar rasa penasaranku. Setelah beberapa lama tinggal di Jakarta, setelah melihat antara jam 5 pagi sampai 9 malam jalan raya di Jakarta hampir tidak pernah putus kendaraan berlalu lalang.

Berbagai jenis macam kendaraan mulai dari bis, truck, pickup, sedan, jenis MPV, berbagai jenis angkutan, bajai, sampai dengan kendaraan bermotor roda dua dengan berbagai macam merek tumpah ruah memenuhi jalanan. Saya berpikir, kira-kira berapa jumlah kendaraan yang ada di Indonesia sampai-sampai jalan raya penuh sesak. Jika teman-teman pernah singgah di Jakarta pasti sering melihat jalan layang mungkinkah jalan layang dibangun karena jalan raya biasa sudah tidak mampu lagi memuat volume kendaraan yang tiap hari bertambah banyak, entahlah.

Tapi tunggu, kayaknya ada yang kurang, apa ya? Oh iya, dimanakah sekarang sepeda kayuh? Dimanakah tukang becak? Dimanakah delman, dokar?
Tukang becak dan delman udah dilarang beroperasi ya, mungkin karena merusak pemandangan atau karena becak dan delman tidak perlu bayar pajak kendaraan jadi dianggap tidak layak melalui jalan raya yang dibangun dengan uang. Ada yang bilang karena kotoran kuda delman merusak pemandangan beda dengan polusi kendaraan bermotor yang polusinya tidak terlihat secara langsung dampaknya jadi tidak ada yang komplain. Mungkin juga karena kendaraan sekarang lebih nyaman dan lebih cepat mengantar kita yang setiap hari dikejar-kejar waktu untuk berangkat kerja.

Masalah diatas terserah kita mau memaklumi ataupun tidak. Terus sepeda kayuh, dimanakah berada? Selama di Jakarta, hanya beberapa kali melihat orang memakai sepeda kayuh, salut sama penjaga kosku, loh emang kenapa? Penjaga kosku masih setia dengan sepeda kayuhnya. Dalam pikiran kita, mungkin karena beliau tidak mampu beli motor atau tidak mampu membayar pajaknya, entahlah, tapi yang pasti sepeda kayuh sudah mulai menjadi barang antik.

Kita lihat adik-adik kita yang sekolah di SMU, mereka udah biasa menggunakan sepeda motor.

Pembahasannya jadi kemana-mana, baiklah. Sebenarnya di posting ini hanya mau berbagi informasi dari situs Badan Pusat Statistik tentang jumlah kendaraan yang tercatat di Indonesia, dibawah ini adalah datanya :



Di situs vivanews.com terdapat artikel yang menyebutkan bahwa di Jakarta saja tingkat pertumbuhan kendaran bermotor mencapai 897 unit per hari dan mobil 220 unit per hari.
Ternyata penduduk di Indonesia tergolong mapan :)

Berikut ini daftar 20 kota termacet di dunia. Jakarta sebagai Ibukota Indonesia menempati urutan ke-14. Ga tahu ini prestasi atau apa :) yang pasti sebagai negara berkembang jumlah kendaraan di Indonesia tergolong cukup banyak. (Sumber situs www.kaskus.us)

1) Tokyo, Japan
Meski sudah mempunyai monorel dan kereta super-cepat, penduduk Tokyo masih akrab dengan yang namanya kemacetan bagi para pengendara mobil. Bahkan Tokyo Traffic Control center beroperasi 24 jam tanpa henti.

2) Los Angeles, USA
Sudah menjadi rahasia umum kalau LA adalah kota yg mempunyai kemacetan yang parah. Meski sudah mempunyai banyak jalan tol, jembatan, dan rute alternatif, LA asih tetap masuk top-10 kota termacet di dunia.

3) Sao Paulo, Brazil
Tercatat terjadi kemacetan sepanjang 166 mil (266 km) dari 522 mil (835 km) panjang jalan pada 9 Mei 2008. Rata2 1000 mobil baru setiap harinya.

4) Bangkok, Thailand
Sepeda bisa menyeberang dan melewati jalanan yang ramai tanpa tanda peringatan, begitu pula kendaraan lain. Para turis menilai fenomena ini sebagai real chaos dari kemacetan.

5) Moscow, Russia
Kemacetan terparah terjadi sewaktu musim dingin dikarenakan jalanan tidak bisa digunakan karena membeku, dan terlebih tinggi nya populasi.

6) Shanghai, China
Dari 1998 sampai 2003 jumlah kendaraan pribadi meningkat dari 7000 sampai 170.000.

7) Mumbai , India
Kemacetan terjadi karena beberapa faktor: Cuaca buruk (hujan lebat), jalanan yang rusak, dan jumlah kendaraan yang tinggi, serta banyak turis yang komplain mengenai kualitas udara disana.

8) Mexico, Mexico
Untuk mengurangi jumlah kendaraan, pemerintah telah mengeluarkan peraturan special callendar, tetapi tampaknya tidak menolong.

9) New York, USA
Salah satu kota di US yang mempunyai kemacetan terparah. Kota New York terlihat selalu tidak mempunyai ruang yang cukup untuk segalanya.

10) SeŠ¾ul, Korea
Penduduk Seoul menjadi lebih makmur, dan dengan pemasaran mobil asia, mereka mulai membeli mobil baru.

11) Chicago, USA
Untuk sampai ke tempat kerja dengan tepat waktu adalah masalah besar di kota ini.

12) Manila, Philipine
"Holland" solution yang menyarankan menggunakan sepeda daripada menggunakan kedaraan mobil tidak menyelesaikan masalah kemacetan disini.

13) London, UK
Jalanan di London terlalu tua untuk dilewati banyaknya mobil per jam.

14) Jakarta, Indonesia
Tidak ada satu pun jalan di Jakarta tanpa kemacetan. Ratusan kendaraan baru bermunculan di jalan setiap harinya.

15) Osaka, Japan
Kota kedua dari jepang yang mempunyai permasalah kemacetan yang cukup parah.

16) Venezuela
Pada saat venezuela memperbaiki harga bensin di tahun 1998 anda bisa membayangkan jumlah kendaraan yang bermunculan setiap harinya.

17) Athens, Yunani
Mexico system yang diimplementasikan untuk mengurangi kemacetan kurang efektif dikarenakan jalanan yang tua dan pertambahan populasi yang cepat.

18) Auckland , New Zealand
Meski Auckland tidak sebesar Tokyo tetapi ratio perbandingan pengguna dan mobil sangat tinggi, hampi menyaingi USA.

19) Rio de Janeiro , Brazil
Cuaca buruk, tingginya pemilik kendaraan dan sempit nya ruas jalan adalah faktor2 penyebab kemacetan di kota ini.

20) Kathmandu , Nepal
Kota ini disebut sebagai kota polusi dan kemacetan.


Semoga posting tentang "Pertumbuhan Kendaraan di Indonesia" ini bermanfaat dan semoga kita menjadi lebih bijak.


Salam,